Histats
Detail Soal
  • Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
  • Kelas X SMA
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Revisi 2018, Kurikulum 2013
  • BAB 5 : Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  • Gambar 5.3 Pentingnya Konsep Integrasi Nasional Halaman 150

Kunci Jawaban PKN SMA Kelas 10: Gambar 5.3 Pentingnya Konsep Integrasi Nasional Halaman 150 - Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013


Amatilah gambar berikut.

Kunci Jawaban PPKn SMA Kelas 10: Gambar 5.3 Pentingnya Konsep Integrasi Nasional Halaman 150

Gambar 5.3 Perbedaan pendapat diperbolehkan dan merupakan hak setiap orang. Namun, perbedaan tersebut jangan sampai menghancurkan sendi-sendi persaudaraan antaranak bangsa. Jika terjadi perselisihan dan bentrokan kita semua yang akan rugi.

Berdasarkan gambar tersebut, jawablah pertanyaan berikut dengan baik.

1. Pernahkah kalian melihat kejadian seperti gambar tersebut di lingkungan sekitar?


Pernah, yaitu tawuran antar anak sekolah.

2. Mengapa sampai terjadi hal seperti itu?


Adanya seseorang yang menjadi provokator sehingga teman-teman yang lainnya ikut membantu perkelahian sehingga terjadilah tawuran antarsekolah.

3. Apa penyebabnya?


Gengsi yang ada antara satu sekolah dengan sekolah lainnya yang sama-sama saling mengunggulkan dirinya sendiri sehingga terjadi kerenggangan di antara mereka berdua. Hal ini mengakibatkan masing-masing dari anak di sekolah tersebut saling benci dan akhirnya terjadilah perkelahian.

4. Apa akibat yang ditimbulkan jika hal ini dibiarkan?


Akibat yang dapat ditimbulkan jika hal ini dibiarkan adalah rusaknya fasilitas umum, sarana dan prasarana sekolah, nama baik sekolah, bahkan bisa saja merenggut nyawa pelaku yang melakukan aksi tawuran.

5. Bagaimana upaya penyelesaiannya agar peristiwa tersebut tidak terjadi lagi?


Upaya yang dapat dilakukan agar peristiwa tawuran tidak terjadi lagi adalah dengan memberikan bimbingan serta pendidikan terkait pentingnya menghindari tawuran (anti tawuran), membina anak-anak yang memiliki sikap kriminal dan suka perkelahian, membuat peraturan yang tegas di sekolah, memperbanyak ekstrakurikuler sehingga siswa tidak memiliki waktu untuk mengikuti hal-hal yang bersifat negatif, dan sebagainya.

Berdasarkan gambar di atas, buatlah pertanyaan yang berkaitan dengan gambar tersebut.

  1. Peristiwa apakah itu?
  2. Di mana dan kapan peristiwa tersebut terjadi?
  3. Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi?
  4. Apa yang menyebabkan peristiwa tersebut terjadi?
  5. Siapa dalang atau provokator dari peristiwa itu?
  6. Apa saja kerusakan, kerugian, atau akibat lain setelah peristiwa itu?
  7. Apa upaya yang telah dilakukan untuk menyelesaikan peristiwa itu?
  8. Bagaimana caranya agar peristiwa itu tidak terjadi lagi di lain waktu?